Advertisement

Main Ad

PP Tunas Cendekia Babakan Ciwaringin : Silaturrahim Pengasuh Pesantren dan Pembentukan P2i Jawa Barat

PP Tunas Cendekia Babakan Ciwaringin : Silaturrahim Pengasuh Pesantren dan Pembentukan P2i Jawa Barat



Beberapa hari yang lalu tepatnya hari Minggu tanggal 3 September 2023 terukir dalam sejarah peristiwa penting di Pondok Pesantren Tunas Cendekia Babakan Ciwaringin Cirebon, perhelatan pembentukan Majelis Pengurus Wilayah Jawa Barat Pengasuh Pesantren Indonesia (P2I). Hadir dalam acara tersebut para pengasuh pesantren se-Jawa Barat dan yang lebih istimewa lagi hadir pula Ketua Pusat Pengurus Pengasuh Pesantren Indonesia (P2I) Bapak Dr. KH. Muhammad Tata.

Di antara para pengasuh yang hadir diantaranya KH. Faisal Hilmi, MA. (Pengasuh Pondok Pesantren Qur’an Anamfal Cirebon), KH. Salim Abdul Ghani (Pengasuh Pondok Pesantren Rahmatan Lil Alamin), KH. Kosim (Pengasuh Pondok Pesantren Darul Jannah Cirebon), KH. M. Jauhar Haeckal (Pengasuh Pondok Pesantren Al Ghozali Bogor), KH. Muflihin Al-Mufti (Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ma’wa Bogor), Ny.Hj. Maria Susilawati (Pengasuh Pondok Pesantren Manbaul Hasanah Indramayu), KH. Warso Winata, MA. (Pengasuh Pondok Pesantren Darurrohmah Cirebon), KH. Dedin Badrudin, MA. (Pengasuh Pondok Pesantren Etihad Ciawigebang Kuningan), Ny.Hj Maysaroh (Pengasuh Pondok Pesantren Al-Mubarokah Babakan Ciwaringin Cirebon), KH. Muhammad Noor Fauzi, KH. Dr. Ahmad Zaeni Dahlan (Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Babakan Ciwaringin Cirebon), Muhsin Arafat (Pengasuh Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlash Ciawigebang Kuningan), dan KH. Ulinuha, Lc., Dipl. sebagai tuan rumah.

Dalam pemilihan Ketua Pengurus Wilayah Jawa Barat persaingannya cukup ketat dan alot, akhirnya terpilihlah KH. Ulinuha, Lc., Dipl. sebagai ketua Pengurus P2I Jawa Barat dari tuan rumah Pondok Pesantren Tunas Cendekia. KH. Faisal Hilmi MA. sebagai sekretaris, dan KH. Warso Winata MA. sebagai bendahara.

Kang Uli panggilan dari KH. Ulinuha, Lc., Dipl. didaulat untuk menyampaikan visi dan misi P2I. Dalam sambutannya beliau mengatakan akan menjalankan amanah organisasi P2I Jawa Barat sesuai peraturan organisasi yang tertuang dalam AD-ART.

“Terima kami saya sampaikan kepada para hadirin para Kyai dan pengasuh pesantren se-Jawa Barat yang telah memilih saya sebagai ketua. Mudah-mudahan saya amanah dan bisa menjalankan organisasi P2I Jawa Barat tercinta ini, tanpa dukungan dan do’a dari panjenengan semua saya tidak akan mampu melaksanakan program-program ini”.

“Saya mengajak semua yang hadir agar saya dan kepengurusan bisa melaksanakan visi dan misi P2I, Visinya yaitu, Pusat pembangunan ukhuwah dan sinergi antar pesantren. Sedangkan Misinya, Membangun jaringan kerjasama antar pesantren, Membantu meningkatkan mutu pendidikan pesantren, Membangun jaringan dakwah digital, Mengembangkan pola dakwah wasatiah berbasis ahlu sunnah wal jamaah, Membangun interaksi antara pesantren dan masyarakat, Membangun kemandirian ekonomi pesantren” Tegas Kang Uli.

Sambutan berikutnya oleh Ketua Pusat P2I Bapak Dr. KH. Muhammad Tata, beliau menyoroti pentingnya berorganisasi di P2I. “Kelemahan di kita itu para pengasuh harus berorganisasi, Kami berkeyakinan untuk pengurus P2I Jawa Barat akan bergerak cepat karena ketua dan pengurusnya masih muda-muda pasti akan mampu merangkul semua pengasuh pesantren Jawa Barat, bisa bersinergi dengan pemerintah, semua masyarakat dan lintas sektoral dalam mengisi pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Untuk kalangan Perguruan Tinggi yang ada di lingkungan pondok pesantren sudah saatnya P2I melahirkan Prodi baru yaitu Prodi Pengasuh Pesantren sehingga pendidikan di masa yang akan datang harus lahir dari pemikiran kyai pesantren. Selamat dan Sukses kepada Kyai Uli semoga Allah SWT meridloi langkah kita, Aamiin” Tegas Kyai Tata.




Source: https://tunascendekia.sch.id/tcnews-gerak-langkah-kyai-muda/